Perpanjangan Masa Jabatan Jadi Dorongan Kades se-Kecamatan Talango Sumenep Terus Berinovasi

Sumenep – News PATROLI.COM –

Ratusan kepala Desa (kades) se kabupaten Sumenep, Madura,Jawa Timur, menerima surat keputusan(SK) perpanjangan masa jabatan selama dua tahun.

Pengukuhan perpanjangan masa jabatan ratusan kepala desa dilakukan di pendopo keraton sumenep.untuk perpanjangan masa jabatan kepala desa sumenep yaitu periode 2019-2025 dan 2021-2027.

Perpanjangan masa jabatan kades ini merupakan amanat undang undang (UU) Nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas undang undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.secara normatif jabatan kepala desa sebelumnya hanya 6 tahun dan itu hanya diperbolehkan 3 periode masa jabatan.

Namun setelah berlakunya UU nomor 3 2024 pada tanggal 25 April 2024, masa jabatan kepala desa di perpanjang menjadi 8 tahun dan hanya boleh menjabat selama 2 periode.

Usai menerima perpanjangan masa jabatan, semua kades kecamatan talango mengaku sangat bersyukur.
Sekaligus menjadi dorongan baginya untuk terus berinovasi.

Tujuh kades se-kecamatan talango syukur dalam pengukuhan di pendopo

“Perpanjangan masa jabatan kades ini patut kita syukuri bersama.Dan perpanjangan masa jabatan ini juga mendorong bagi saya selaku kepala AKD di kecamatan talango dan pemerintah desa Talango untuk terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam rangka meningkatkan perekonomian desa,”ujar kades Andiwarto

Baginya, pemerintah pusat telah mengakomodir permintaan kades seluruh Indonesia untuk perpanjangan masa jabatan kepala desa.untuk itu,kades se-kecamatan talango mengaku bakal menunjukkan komitmennya dalam menjalankan program pembangunan di desanya.

“Dengan adanya tambahan masa jabatan ini para kades tentu akan lebih fokus untuk menjalankan program pembangun di desa desanya.Terutama program yang telah di susun dalam RPJMDes dan RKPDes,”lanjutnya.

Atas nama pemerintah desa se-kecamatan talango pihaknya selaku kades Gapurana menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang telah memberikan ruang kepada seluruh kades di sumenep untuk menyelesaikan visi misi desa yang belum terlaksana.

“Perpanjangan SK masa jabatan ini tentu memberikan ruang bagi seluruh kades untuk terus bekerja mewujudkan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di desa kami,”terang kades Andiwarto

Kades Andiwarto juga mengatakan,dalam menjalankan tugas sebagai kepala desa Gapurana kecamatan talango bakal terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memajukan desa yang dirinya pimpinan.

“Insyaallah kita se-kecamatan talango akan lebih amanah lagi menjalankan tugas dan berjalan beriringan dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,”pungkas kepala AKD Talango di Sumenep ini. (Hendri)

Baca juga berita lainnya di  Google News
https://ouo.io/9bnK37

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started